Jangan Harap XMAX 300 Dijual di Indonesia

Jangan Harap XMAX 300 Dijual di Indonesia

Yamaha ekspor XMAX | Foto: Ghulam/KompasOtomotif

Metro Merauke – Yamaha XMAX yang dijual di Indonesia punya kapasitas mesin 250 cc. Akhir pekan lalu, merek Jepang itu meluncurkan harga skutik bongsor, yaitu Rp 55 juta on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Secara global, model itu punya mesin lain, yaitu 300 cc dan hanya di pasarkan Eropa dan beberapa negara. Namun, buat masyarakat Indonesia, jangan harap XMAX 300 bisa dijual, karena menurut Yamaha, secara harga pasti menjadi mahal.

“Karena kena pajak (PPnBM), walaupun diproduksi di sini (Indonesia) juga tetap mahal harganya, bisa di atas Rp 55 juta juga,” kata Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Khusus buat Indonesia, lanjut pria yang akrab disapa Dyon itu XMAX tersedia satu pilihan mesin, yaitu 250 cc. Meskipun ada permintaan untuk dijual seperti XMAX 250 cc, tetapi Yamaha tetap akan mempertimbangkan dari sisi harga.

“Sebab motor 250 cc ke atas itu pajaknya besar sekali. Kita fokus dulu ke XMAX 250 yang langsung dapat animo bagus dari masyarakat,” ujar Dyon.

Meski sudah diproduksi di Tanah Air, XMAX 300 hanya untuk ekspor ke Eropa. Yamaha Indonesia hanya menjadi basis produksi, seperti model R25, R3, dan NMAX yang sudah diekpsor ke empat wilayah, seperti Eropa, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. (Aditya Maulana)

Sumber: Kompas Tekno

Advertisement