Hukum Laut dan Batas-Batas Negara Disosialisasikan

Hukum Laut dan Batas-Batas Negara Disosialisasikan

Sosialisasi Hukum Laut dan Batas-Batas Negara di Ruang Serbaguna Mako Lantamal XI, Rabu (9/5)

Metro Merauke – Jajaran perwira Lantamal XI Merauke dan unsur Maritim Kabupaten Merauke, Papua mendapat sosialisasi tentang hukum laut oleh Kasubdis Dargakku Diskum Mabesal Letkol Laut (KH) Estu Raharjo dan batas-batas negara dari Kasi Ren Peta Subdis Peta Pushidrosal Letkol Laut (KH) Abdul Azis Muttaqim, di ruang serbaguna Mako Lantamal XI, Rabu (9/5).

Wakil Komandan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, mewakili Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi bertujuan menambah pengetahuan, wawasan serta menyamakan persepsi dalam hukum laut.

“Saya berharap, hubungan baik yang selama ini terjalin dengan unsur kemaritiman baik instansi pemerintah, swasta, instansi terkait lainnya, masyarakat nelayan serta tokoh adat, dapat dijaga. Ditingkatkan. Untuk membangun keamanan di bumi Anim Ha, Merauke,” katanya.

Menurutnya, Kabupaten Merauke berada pada kondisi geografis yang strategis. Berbatasan dengan negara tetangga, Papua New Guinea (PNG) dan Australia. Namun relatif rawan terhadap pelanggaran hukum di laut.

Karenanya, Lantamal XI dan instansi maritim terkait memiliki tugas, peran dan fungsi sangat penting. Menyelenggarakan patroli keamanan laut dan penegakan hukum di laut. Dituntut mampu menciptakan stabilitas keamanan laut di wilayah tugas dan tanggungjawabnya.

“Namun tentu unsur maritim swasta dan masyarakat tidak boleh melanggar batas wilayah laut negara tetangga,” ujarnya.

Sosialisasi dihadiri Wakil Komandan Lantamal XI, Asops Danlantamal XI, Aspers Danlantamal XI, para Kadis dan Kasatker Lantamal XI, Kasi Pidum Kejari Merauke, Kadis Perhubungan Merauke, Kepala Imigrasi Kelas II Merauke, Kepala Bea dan Cukai Merauke.

Kepala Distrik Navigasi Kelas III Merauke, Kasatpol Air Polres Merauke, Kepala KSOP Merauke, Kepala PSDKP Merauke, Kepala Kantor SAR Merauke dan beberapa pihaknya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement