BPJS Pastikan Pemkab Merauke Jamin Kesehatan Warganya

BPJS Pastikan Pemkab Merauke Jamin Kesehatan Warganya

Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan - republika.co.id

Metro Merauke – Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Merauke, Papua menyatakan, pemkab setempat menjamin kesehatan warganya.

Kepala Unit Umum dan Keuangan Kantor BPJS Kesehatan Merauke, Vita Indah Syukur, Rabu (10/5) mengatakan, Pemkab Merauke rutin membayar tanggungan iuran 7.854 jiwa, warga kelas menengah kebawah.

Mereka ini memanfaatkan kartu BPJS Kesehatan. Pembayaran dilakukan setiap tiga bulan sekali. Nominal yang dibayarkan senilai Rp541 juta.

“Berbeda dengan jalur mandiri, dari 22 ribu peserta, hanya 40 persen yang rutin membayar iurannya setiap bulan. Sebanyak 60 persen menunggak,” katanya.

Menurutnya, kontribusi Pemkab Merauke, berpengaruh positif terhadap jaminan pelayanan masyarakat ekonomi lemah. Terutama jika masyarakat ekonomi lemah, belum tentu mampu membayar iuran sendiri.

“Untuk jalur mandiri cukup besar tunggakannya. Upaya yang dilakukan petugas BPJS Kesehatan, mengunjungi langsung yang menunggak dan menghubungi via telepon,” ujarnya.

Penyebab tunggakan beragam. Ada yang lupa, chanel pembayaran yang tidak terjangkau, sedang di luar kota dan ada juga yang tidak mampu. Kator BPJS Merauke menargetkan, dalam sepekan dapat menghubungi sebanyak 250 peserta dan mengunjungi 20 kepala keluarga.

Katanya, pihak BPJS Kesehatan telah berkoordinasi dengan pemkab setempat agar menanggulangi pembayaran masyarakat tidak mampu yang ada pada jalur mandiri.

Pemkab Merauke siap menanggulangi pembayarannya, namun harus ada bukti mereka yang tidak mampu membayar benar-benar masyarakat ekonomi lemah. Hal itu dapat dilihat dari kartu keluarga mereka.

“Ketika peserta BPJS menunggak pembayaran, akan kesulitan ketika sakit dan harus dirawat inap. Kartu BPJS nya tidak berfungsi lagi. Akan aktif kembali kalau sudah melunasi tunggakannya. Kalau rawat inap harus bayar sebesar 2,5 persen dari diagnosa awal,” imbuhnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement