Hasil Litmas Uwang Diserahkan ke Bapas Merauke

Hasil Litmas Uwang Diserahkan ke Bapas Merauke

Metro Merauke – Anggota Komisi I DPR Papua, komisi bidang pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Wilhelmus Pigai mengatakan, hasil penelitian kemasyarakatan (litmas), Antonius Uwamang, tahanan seumur hidup asal Papua, yang dibuat Balai Pemasyarakat (Bapas) Jakarta Timur, telah ia serahkan ke Bapas Merauke, Papua, Rabu (3/5/2017).

Menurutnya, hasil litmas itu diserahkan kepada Bapas Merauke lantaran tempat kejadian perkara (TKP) kasus Uwamang berada di Mimika, yang merupakan wilayah Bapas Merauke.

“Semoga akhir pekan ini, saya bisa dampingi mereka ke Mimika untuk melakukan litmas Anton di sana. Ada beberapa hal yang memang litmasnya harus dilakukan di Mimika,” ujar Mus Pigai, Senin (8/5).

Katanya, setelah litmas dilakukan di Mimika, hasilnya akan dibawa ke Jakarta. Ini untuk kepentingan remisi atau perubahan pidana Anto Uwamang dari seumur hidup menjadi pidana sementara dan pemindahan Anton dari Lapas Klass I Cipinang ke lapas di Papua.

“Ada dua litmas yang akan saya bawa ke Kemenkum HAM melalui LP Cipinang, karena nanti proses sidang tim pengamat pemasyarakatan (TPP) dimulai dari bawah. Kami harap satu dua-bulan ini, Anton sudah bisa dipindahkan,” katanya.

Dikatakan, setelah litmas diserahkan, selanjutnya akan dilakukan TPP. Tahap pertama di Lapas Klass I Cipinang. Tahap kedua, di Kanwil Hukum dan HAM DKI Jakarta dan tahap ketiga di Dirjen Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkum HAM.

“Kami harap proses berjalan dengan baik. Tanpa hambatan, sehingga Anton segera dipindahkan. Kalau grasinya, sedang proses pemberkasan. Ada tiga perjuangan yang kami lakukan. Grasi, remisi dan pemindahan. Ini sesuai permintaan keluarga kepada Komisi I DPR Papua,” imbuhnya.

Selama 11 tahun lebih, Antonius Uwamang sudah mendekam di Lapas Cipinang, Jakarta. Selama itu, keluarga tak pernah melihat Anton.

Ia divonis seumur hidup. Ia dituduh menembakan konvoi kendaraan karyawan PT Freeport Indonesia, 21 Agustus 2002. Dalam kasus itu, dua warga Amerika, Ricky Lynn Spier (44 tahun) dan Leon Edwin Burgon (71) serta warga Indonesia, Bambang Riwanto meninggal dunia.

Selain Anton, dua rekannya Yulianus Deikme dan Agustinus Anggaibak dituntut hukuman 15 tahun penjara. Yairus Kiwak, Pendeta Ishak Onawame, Esau Onawame dan Hardi Sugumol dituntut hukuman delapan tahun penjara. (Arjuna)

Advertisement

Anggota Komisi I DPR Papua, Wilhelmus Pigai Ketika Bertemu Kepala Bapas Merauke dan Beberapa Stafnya, Rabu (3/5/2017) untuk Menyerahkan Litmas Antonius Uwanang yang Dibuat Lapas Cipinang, Jakarta Timur - Dok. Metro