Cegah Penyelewengan, UU Desa Disosialisasikan

Cegah Penyelewengan, UU Desa Disosialisasikan

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Papua, H. Sulaeman L Hamzah Ketika Mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa di Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (7/5)

Metro Merauke – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Papua, H. Sulaiman L Hamzah mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (7/5).

Sosialisasi diikuti masyarakat dan sejumlah kepala kampung di wilayah tersebut. Sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bagaimana pengguna dana desa dan peruntukan dana miliar rupiah itu, agar tak terjadi penyelewengan yang dapat berujung ke ranah hukum.

Menurut anggota Komisi IV DPR RI dari Partai NasDem itu, dengan sosialisasi, diharapkan memberi pengetahuan dan pemahaman cukup mengenai UU Desa, sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran penggunaan dana desa.

“Ini rawan terjadi penyimpangan. Bukan karena ada niat, tapi lebih karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan dana desa,” kata Sulaiman Hamzah kepada wartawan, Minggu (7/5).

Katanya, masyarakat di kampung, merupakan garda terdepan pembangunan nasional. Kini mereka dipercaya mengelola sendiri anggaran dana desa. Anggaran yang bersumber dari APBN itu, nilainya mencapai miliaran rupiah.

“Dulu masyarakat hanya terima program. Sekarang diberi tanggungjawab mengelola uang. Saya mau memberikan pemahaman supaya tidak salah jalan. Salah satunya dengan perencanaan matang, maka pelaksanaan akan lebih baik,” ujarnya.

Sosialisasi kata dia, juga sangat bermanfaat untuk para aparat desa. Agar maksimal, perlu didorong pembentukan perda yang dapat memandu secara teknis penggunaan dana desa.

“Satu yang kurang, perlu didorong adanya peraturan daerah (perda) di setiap kabupaten. Undang-undang Desa ini perlu aturan turunan, karena rawan penafsiran secara lokal. Makanya, perlu perda untuk memandu,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

 

Advertisement