Ada Makna Mendalam Dibalik Ikrar Kebangsaan Merauke-Sabang

Ada Makna Mendalam Dibalik Ikrar Kebangsaan Merauke-Sabang

Legislator RI, Sulaiman Hamza

Metro Merauke – Legislator RI, Sulaiman Hamza menyebut, ikrar kebangsaan yang dilakukan Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze di Tugu Kembar, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Jumat (5/5), memiliki arti atau makna mendalam.

Anggota Komisi IV DPR RI dari daerah pemilihan Papua itu mengatakan, ikrar kebangsaan yang ditandai pengibaran Bendera Merah Putih tersebut, merupakan aksi nyata pemerintah daerah, merajut tali persaudaraan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Langkah itu sangat tepat. Memiliki makna dan arti mendalam. Ini sebagai upaya merajut persaudaraan dan persatuan, karena kita semua memiliki tanggungjawab mengawal NKRI,” kata politikus Partai NasDem itu kepada Metro Merauke, Minggu (7/5).

Baca: Pemkab Merauke Kibarkan Merah Putih di Sabang

Menurutnya, semangat persatuan harus dibangkitkan, terutama dikalangan generasi muda. Ia khawatir jika falsafah bangsa diabaikan, kedepan Bangsa Indonesia akan kehilangan jati diri.

“Upaya pencegahan harus dilakukan secara berkesinambungan. Salah satunya, penanaman ideologi Pancasila dan UUD 1945. Tidak hanya pemerintah, bicara persatuan dan kesatuan NKRI, tidak bisa ditawar-tawar. Menjadi tanggungjawab semua komponen,” ujarnya.

Generasi muda bangsa, lanjut dia, harus terus memegang teguh falsafah hidup bangsa yakni Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Landasan itu merupakan senjata dalam menangkal radikalisme dan pengaruh lain, yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Harus diakui, kebangsaan dan kebersamaan bangsa Indonesia kini sedang luntur. Semua komponen tidak boleh diam. Harus segera menyikapinya dengan menumbuhkan dan memperkuat nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement