Ratusan Kios di Pasar Wamanggu Disegel

Ratusan Kios di Pasar Wamanggu Disegel

Salah Satu Kios yang Disegel di Pasar Wamanggu, Merauke, Papua

Metro Merauke – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Merauke, Papua mengambil langkah tegas menyegel ratusan kios di Pasar Wamanggu, pasar semi mall, Sabtu (6/5).

Kepala UPTD Pasar, Rudyono mengatakan, langkah itu diambil lantaran hingga kini masih ada 315 dari 1.140 kios di pasar berlantai tiga tersebut tidak difungsikan. Ada juga yang pembayaran retribusinya menunggak.

“Dari 315 kios yang disegel itu, ada  pedagang yang menempati kios membayar retribusi, namun tidak memanfaatkan kiosnya. Ada juga yang menggunakan kiosnya, tapi menunggak membayar retribusi,” katanya, Sabtu (6/5).

Para pedagang diberi waktu dua pekan untuk menyelesaikan administrasi kios yang mereka tempati, di Badan Pendapatan Daerah.

“Yang rutin membayar retribusi, segera ke Bapenda mengklarifikasi bukti pembayaran dan penandatanganan surat pernyataan. Yang masuk daftar tunggakan, nomor kiosnya akan dimasukkan ke dalam daftar penarikan undian,” ujarnya.

Katanya, penyegelan ratusan kios itu berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2013, tentang pengelolaan pasar. Ini salah satu upaya mengoptimalkan penggunaan Pasar Wamanggu yang telah dibangun pemerintah dengan biaya miliaran rupiah.

“Kami memberikan waktu 14 hari, sejak 4 Mei. Jika tidak ada itikad baik dari pedagang, kami akan tutup dan kosongkan kios mereka. Akan diundi kembali untuk pedagang yang serius berjualan,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement