Papua Dinilai Berhasil Tangani Daerah Terisolasi
Daerah

Papua Dinilai Berhasil Tangani Daerah Terisolasi

Foto: Istimewa

Metro Merauke – Pemerintah berharap terjadi pemerataan pembangunan, termasuk di daerah-daerah. Oleh karena itu peran serta pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan sangatlah diharapkan.

Provinsi Papua menjadi salah satu yang dinilai memiliki komitmen dan capaian dalam melakukan pembangunan, khususnya di daerah-daerah yang masih terisolasi. Hal tersebut dibuktikan dengan diberikannya penghargaan Penanganan Daerah Terisolir dari Kementerian Dalam Negeri.

Kemdagri memberikan penghargaan Penanganan Daerah Terisolir di Daerah Otonomi Khusus 2017 kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang dinilai berhasil menangani daerah terisolir di bumi Cenderawasih. Pemberian award ini diserahkan langsung Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Sonny Sumarsono mewakili Menteri Dalam Negeri.

Ini merupakan penghargaan atas pencapaian pembangunan yang kesekian kalinya diterima Gubernur Lukas, selama kurang lebih empat tahun kepemimpinannya. Penghargaan tematik otonomi daerah ini, diberikan kepada provinsi maupun kabupaten/kota yang menunjukan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Dikatakan Sumarsono, penghargaan itu diberikan kepada daerah yang mampu mengimplementasikan Otonomi Daerah dengan baik, dimana daerah telah mampu menjalankan Otda dengan baik.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada daerah yang mampu mengimplementasikan Otonomi Daerah dengan baik, kami harapkan agar semangat Otda ini hendaknya menjadi komitmen dalam pelayanan publik dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah masing-masing,” katanya.

Menurutnya, apa yang ditunjukan oleh provinsi, kabupaten/kota, tidak terlepas dari kerja keras yang dilaksanakan provinsi maupun kabupaten/kota. Di mana pencapaian ini merupakan gambaran kinerja keberhasilan secara nasional.

Dengan gamblang Sumarso juga memuji sejumlah daerag Otonomi Khusus lainnya seperti DI Yogyakarta dan Nanggroe Aceh Darusalam. ”Kalau Papua bisa, Yogyakarta bisa, Aceh bisa kenapa daerah lain tidak bisa, ini cerminan buat Indonesia,” ujarnya. (Satrio Wicaksono/CN26/SM Network)

Sumber: Suara Merdeka

Post Comment