Pemerintah Pacu Produksi Kopi Asal Papua

Pemerintah Pacu Produksi Kopi Asal Papua

Ilustrasi | Foto: Shutterstock

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, Provinsi Papua kini meningkatkan produksi kopi lokal Jayawijaya dengan varietas kopi Arabika melalui pendataan ulang lahan milik petani kopi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jayawijaya Petrus Mahuse di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya mengatakan, setiap tahun produksi kopi Arabika kurang lebih 125,71 ton dan jumlah itu sangat terbatas dengan permintaan konsumen.

“Kita pacu terus karena dari sekitar 1.700an hektare lahan kopi, ada ratusan hektare di antaranya tidak terawat,” kata Petrus, Kamis (4/5).

Menurut dia, dinas terkait sudah mulai mempersiapkan pemetaan lahan – lahan kopi yang belum terawat untuk ke depan dihidupkan kembali.

“Demikian dengan pembentukan wadah untuk menampung hasil kopi petani dan penetapan harga,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa selama ini belum ada penetapan harga pasti, sehingga harga yang ditetapkan oleh masing-masing pengumpul berbeda.

“Ke depan kita akan menetapkan harga yang berlaku sama, agar masyarakat tidak rugi untuk pengembangan budi daya kopi Arabika,” katanya.

Pengurus yang nanti ditempatkan di wadah itu, lanjut dia lagi, akan mendatangi petani kopi mulai dari tingkat distrik hingga kampung-kampung. (kmj/rhs)

Sumber: Okezone

Advertisement