Belasan Ribu Kondom Kadaluarsa Dimusnahkan KPA Merauke

Belasan Ribu Kondom Kadaluarsa Dimusnahkan KPA Merauke

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Merauke, Papua Memusnahkan Kondom Kadaluarsa dengan cara Dibakar, Kamis (4/5)

Metro Merauke – Sedikitnya 14.320 kondom kadaluarsa dimusnahkan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Merauke, Papua dengan cara dibakar, Kamis (4/5).

Kondom kadaluarsa itu terdiri dari 9.136 kondom perempuan dan 5.184 kondom dari program BKKBN yang tenggat waktu aman penggunaannya sudah berakhir. Pemusnahan dilakukan dan disaksikan bersama-sama komponen masyarakat.

Sekretaris KPA Merauke, Tuban Sriyono kepada Metro Merauke mengatakan, ribuan kondom kadaluarsa itu akibat kurang diminati konsumen.

“Kondom perempuan masih banyak yang takut menggunakannya. Ada penolakan konsumen. Mereka mengaku kurang nyaman,” ujarnya, Kamis (4/5).

Begitu juga dengan 5.184 kondom dari BKKBN. Tidak banyak peminatnya. Pengakuan sejumlah konsumen, kondom program keluarga berencana yang disuplai BKKBN, kualitasnya kurang memuaskan. Gampang sobek.

“Kalau kondom dari BKKBN ini untuk mendukung program keluarga berencana. Untuk mencegahan HIV dan AIDS. Banyak yang mengaku kondomnya tidak aman. Mudah sobek, sehingga tidak banyak diminati,” ujarnya.

KPA bekerjsama dengan berbagai elemen masyarakat terus berupaya melakukan program pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Merauke. Salah satunya lewat penggunaan kondom.

Hingga April 2017, tercatat kasus HIV dan AIDS di Merauke mencapai 1.996 kasus. Warga terus diajak bersama-sama melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit itu. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement