Jalan Nasem akan Diperbaiki, Warga Jangan Mabuk dan Gali Pasir

Jalan Nasem akan Diperbaiki, Warga Jangan Mabuk dan Gali Pasir

Ruas Jalan ke Kampung, Nasem, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua menyatakan akan memperbaiki akses jalan Bokem ke Kampung Nasem Distrik Merauke yang rusak parah. Namun warga diingatkan tidak mabuk-mabukan dan melakukan penggalian pasir ilegal di bantaran sungai.

Di hadapan warga Kampung Nasem, pekan lalu, Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyatakan, tak menutup mata dengan kondisi jalan itu. Tahun ini, pemkab setempat telah menganggarkan perbaikan jalan sepanjang 10 kilometer tersebut.

“Tapi masyarakat harus komitmen. Tidak lagi mabuk dan menggali pasir pesisir. Kalau komitmen ini bisa dilakukan, segera kami perbaiki jalan yang rusak,” kata Bupati Freedy.

Jalan tersebut merupakan akses penghubung Kampung Nasem, Distrik Merauke dengan Distrik Naukenjerai yang memiliki lima kampung.

Kini kondisi jalan rusak parah. Tidak hanya berlubang, sejumlah titik belum diaspal. Masih berlumpur. Saat musim hujan, jalan berlumpur dan licin. Ketika musim panas, debu beterbangan.

Rusaknya jalan yang menjadi akses penghubung antar kampung dan distrik tersebut ditengarai akibat maraknya penggalian pasir ilegal di sekitar Bokem dan Nasem.

“Saya harap, itu tidak terjadi lagi. Jangan sampai jalan sudah baik dan mulai lagi gali-gali pasir. Pemerintah akan perbaiki demi kelancaran arus transportasi dan perekonomian masyarakat,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement