Ubi Jalar Memiliki Nilai Ekonomis Menjanjikan

Ubi Jalar Memiliki Nilai Ekonomis Menjanjikan

Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Papua, Bambang Dwiatmoko

Metro Merauke – Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Papua, Bambang Dwiatmoko mengatakan, komoditi ubi jalar memiliki nilai ekonomis menjanjikan. Karenanya, jangan diabaikan begitu saja.

Hal itu dikatakan Bambang saat pertemuan bersama DPRD Merauke di ruang rapat dewan, Jumat (28/4/2017).

“Saya meminta kepada kita semua, termasuk dewan, agar tidak mendiskreditkan komoditas ubi jalar,” katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ubi jalar dari Kabupaten Merauke, menguasai pasaran di beberapa daerah. Mulai Timika, Papua sampai Maluku.

“Saya mempersilahkan bapa-ibu anggota DPRD mengecek langsung ubi jalar hasil kerja keras petani Merauke di beberapa daerah itu,” ujarnya.

Menurutnya, ketika masih menjabat kepala Dinas Pertanian, ia mendatangi Maje Nur yang kala itu menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah. Ia meminta tempat di Pasar Wamanggu, agar petani melakukan transaksi jual beli ubi jalar.

“Ubi jalar petani, disimpan di luar. Usai transaksi, langsung diantar dan dinaikkan ke kapal. Dibawa ke beberapa daerah seperti Timika dan Maluku,” ujarnya.

Ia berharap, rencana pengembangan singkong di Kabupaten Merauke, tidak mengesampingkan ubi jalar. Komoditi ini dinilai salah satu komoditi unggulan yang terus dikembangkan masyarakat di kampung-kampung. (LKF/Arjuna)

Advertisement