Tekan Harga di Papua, Semen Indonesia Gandeng 4 BUMN

Tekan Harga di Papua, Semen Indonesia Gandeng 4 BUMN

Ilustrasi Semen Indonesia | Foto: Jawa Pos/JPNN

Metro Merauke – PT Semen Indonesia melakukan kerja sama dengan PT Pos lndonesia, PT Pelni, PT Pelindo IV, dan PT Angkasa Pura I.

Kerja sama ini dilakukan sebagai upaya memperkecil disparitas harga semen di Papua. Di mana harga semen di Papua mencapai ratusan ribu per satu zak nya.

“Ini sebagai langkah nyata Sinergi BUMN dalam mendukung program pemerintah untuk membangun seamless logistics,” ujar Direktur Pemasaran dan Supply Chain PT Semen Indonesia Ahyanizzaman di Hotel Royal Kuningan, Kamis (27/4).

Adapun sinergi tersebut meliputi optimalisasi pemanfaatan jasa layanan logistik, outlet untuk kegiatan penjualan produk! jasa, aset, jasa keuangan, teknologi informasi & komunikasi, tenaga profesional, dan lainnya.

Ahyanizzaman menjelaskan, tindak lanjut menurunkan disparitas harga semen di Papua dengan cara mengoptimalkan peran Tol Laut, menggunakan kombinasi jalur sungai-darat.

Serta mewujudkan jembatan udara. Subsidi biaya logistik yang dialokasikan untuk ketiga moda distribusi tersebut perlu dikendalikan agar tepat sasaran.

“Dengan begitu diharapkan penurunan harga semen di Papua dapat terwujud hingga kisaran RP 75 ribu per zak, baik di Pesisir maupun Pegunungan Papua,” harap dia.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan pemangkasan harga BBM di Papua sama dengan di Pulau Jawa serta merumuskan rekomendasi kebijakan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan, sehingga harga komoditas diseluruh Indonesia tidak jauh berbeda. (chi/jpnn)

Sumber: jpnn.com

Advertisement