Puluhan Rumah Layah Huni akan Dibangun di Kampung Poo

Puluhan Rumah Layah Huni akan Dibangun di Kampung Poo

Masyarakat Kampung Poo, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Tahun ini akan dibangun sebanyak 20 rumah layak huni di Kampung Poo, Distrik Jagebob, Kabupaten Merauke, Papua.

Pembangunan rumah layak huni itu menggunakan alokasi dana kampung (ADK). Rumah layak huni untuk menjawab kebutuhan masyarakat setempat yang selama ini belum memiliki hunian representatif.

Kepala Kampung Poo, Lodefikus Webtu di hadapan Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, salah satu program alokasi dana kampung, Kampung Poo tahun ini untuk pembangunan 20  unit rumah layak huni.

“Tahun ini Kampung Poo mendapat alokasi Rp1,7 miliar. Nominal ini meningkat dari tahun lalu yang hanya senilai Rp1,5 miliar,” katanya, Jumat (28/4).

Menurutnya, sebagian ADK 2016 digunakan membelian 58 ekor ternak sapi. Ternak itu dibagikan kepada kepala keluarga untuk dikembangbiakkan. Harapannya, dapat mendukung peningkatan ekonomi keluarga.

“Sekarang warga sepakat membangun rumah layak huni, mengingat ada sejumlah kepala keluarga belum memiliki tempat tinggal sendiri dan memadai,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat Kampung Poo mendukung program pembangunan pemerintah lewat alokasi dana kampung dan dana desa. Caranya dengan pengelolaan anggaran secara maksimal.

“Saya berharap warga tidak berprasangka dan menuding kami  “makan” uang. Melakukan penyimpangan dana pembangunan kampung,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement