Penyuluhan Hukum Terpadu Digelar di Sejumlah Distrik

Penyuluhan Hukum Terpadu Digelar di Sejumlah Distrik

Foto Bersama Usai Penyuluhan Hukum Terpadu di Salah Satu Distrik di Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke, Papua menggelar penyuluhan hukum terpadu, 2017 kepada masyarakat di Distrik Jagebob, Kurik, Tanah Miring dan Sota. Penyuluhan dilaksanakan beberapa hari lalu.

Kesubbag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum Setda Kabupaten Merauke, Haidi Silvanaranti A mengatakan, 3 Mei mendatang, penyuluhan serupa akan dilaksanakan di Distrik Naukenjerai.

“Tujuan penyuluhan, menyebarluaskan informasi tentang peraturan perundang-undangan, serta tugas dan fungsi setiap instansi penegak hukum. Ini demi tercapainya kehidupan yang aman, tertib, damai dan tentram di masyarakat,” katanya, Jumat (28/4).

Menurutnya, materi dalam penyuluhan diantaranya, penanganan tindak pidana umum dan tata cara pelaporan tindak pidana kepada kepolisian. Kenali hukum dan jauhi hukum oleh Kejaksaan Negeri Merauke, pendaftaran hak atas tanah oleh Badan Pertanahan Kabupaten Merauke dan penegakan peraturan daerah Kabupaten Merauke oleh Satuan Polisi Pamong Praja.

Katanya, berdasarkan hasil tanya jawab dengan masyarakat, terlihat masyarakat sudah cukup memahami aturan hukum. Bagaimana mematuhinya.

“Penyuluhan seperti ini sudah dilakukan beberapa kali pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement