Tim OASE Gelar Kegiatan Bersama Masyarakat Merauke

Tim OASE Gelar Kegiatan Bersama Masyarakat Merauke

Suasana Kegiatan Pengobatan Massal yang Digelar Tim OASE di Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Hari kedua kunjungan kerja rombongan OASE Kabinet Kerja di Kabupaten Merauke, Papua meresmikan bedah rumah, bakti sosial dan pengobatan massal gratis di Kampung Lepro Seri bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Selasa (25/4).

Pengobatan massal berupa pemeriksaan kesehatan umum dan pemeriksaan penyakit leher rahim (IVA test) kepada ibu-ibu yang sudah menikah atau melahirkan.

“Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Saat ini kanker serviks merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak, dibandingkan kanker lainnya,” kata Ketua umum Dharma Pertiwi, Nenny Gatot Nurmantyo yang memimpin rombongan OASE ketika membacakan sambutan Ny. Iriana Jokowi.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan dalam pencegahan, meningkatkan cakupan pemeriksaan terhadap kanker serviks, khususnya untuk wanita usia 30-50 tahun.

“Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan pengobatan gratis oleh ibu-ibu OASE sejak dua tahun yang lalu. Harapannya, masyarakat di kabupaten maupun provinsi dapat meningkatkan pengetahuannya tentang kesehatan,” ujarnya.

“Selanjutnya, membantu kami mengambil langkah pencegahan, apabila diketahui ada gejala kanker leher rahim,” lanjutnya.

Katanya, tindakan awal pada pasien, tentu dapat membantu menekan resiko kematian pada perempuan. Pemeriksaan IVA tes sendiri berlangsung pada 10 kabupaten lainnya di Indonesia.

Selain pengobatan massal, diakhir kegiatan dilakukan penyerahan sembako secara simbolis kepada masyarakat, perlengkapan sekolah dan alat peraga edukasi PAUD oleh Ny. Gatot di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Merauke. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement