OASE Gandeng BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

OASE Gandeng BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks

Suasana Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang Digelar OASE di Kabupaten Merauke, Papua, Selasa (25/4)

Metro Merauke – Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) melakukan bakti sosial di Kabupaten Merauke, Papua selama dua hari terakhir (24-25 April).

Selain menyambangi sejumlah PAUD, Tim OASE yang dipimpin Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ny Endang Gatot Nurmantyo juga mengadakan pemeriksaan IVA tes untuk deteksi dini kanker serviks, Selasa (25/4). Kegiatan ini melibatkan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Merauke.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, dr. Hendra Jemmy Rompas  mengatakan, masyarakat perlu berperan serta dalam menyebarluaskan informasi. Terutama pentingnya deteksi dini kanker leher rahim dengan malakukan pemeriksaan di tempat layanan kesehatan.

“Dengan begitu, jika ada yang terdeteksi, akan lebih mudah dan cepat penanganannya,” kata Rompas, Selasa (25/4).

BPJS Kesehatan kata dia, siap membantu setiap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Termasuk untuk penanganan penyakit kanker serviks.

“Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dijamin BPJS Kesehatan. Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir biaya. Kalau sudah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, akan dirujuk sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Kegiatan IVA tes yang dilakukan OASE di Puskesmas Rimba Jaya Merauke, tercatat sebanyak 798 orang diperiksa. Jumlah itu belum memenuhi terget, 1.000 orang.

Diharapkan, warga tidak ragu melakukan pemeriksaan demi kesehatan dan keselamatan jiwa. Penyakit kanker serviks dapat diobati jika ditangani sejak dini.

“Selama ini banyak kaum perempuan yang belum memahami masalah itu. Ada keengganan untuk memeriksakan. Sepanjang, 2016, hanya 500 orang yang melakukan Iva Tes,” katanya.

Kegiatan OASE itu kata dia, sangat tepat. Tujuannya mengajak dan mendorong kaum perempuan Merauke, memahami makna dan substansi deteksi dini kanker tersebut. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement