Lima Anak “Aibon” Ikut UN Formal

Lima Anak “Aibon” Ikut UN Formal

Polikarpus Boli Sedang Bersama Ana-Anak Aibon

Metro Merauke – Setelah melakukan pendampingan kepada puluhan anak aibon (anak usia sekolah yang ketagihan menghirup lem merk aibon), usaha dua orang guru di Merauke, Papua berbuah manis. Lima dari puluhan anak-anak itu mengikuti Ujian Nasional (UN) formal belum lama ini.

Polikarpus Boli, salah seorang pendamping anak aibon kepada Metro Merauke, Senin (23/4/2017) mengatakan, sebelum mengikuti UN, anak-anak itu terlebih dahulu mengikuti try out dan pembekalan secara khusus. Tujuannya, mempersiapkan mereka agar dapat mengerjakan soal-soal ujian.

Selama UN berlangsung, lanjut Boli, kelimanya ditampung di asrama SMP/SMA Satu Atap (Satap) Terintegrasi Wasur. “Saya langsung mendampingi dan mengawasi selama di asrama,” katanya.

Kegiatan proses belajar mengajar yang diikuti puluhan anak aibon setiap sore merupakan program dari SMP/SMA Satap Terintegrasi Wasur.

Sejak beberapa tahun ia Boli bersama seorang rekannya yang juga guru, mendampingi anak-anak ibon yang kebanyakan diantaranya sudah putus sekolah.

Kepala Sekolah SMP/SMA Satap Terintegrasi Wasur, Sergius Womsiwor mengatakan, salah satu tujuan menyelenggarakan proses belajar mengajar kepada anak-anak aibon maupun pemulung, untuk memotivasi, memberikan dorongan kepada anak-anak itu pentingnya bersekolah.

“Selain itu, dipersiapkan mengikuti ujian baik tingkat SMP maupun SMA. Sehingga kelak bisa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi,” kata Wonsiwor. (LKF/Arjuna)

 

Advertisement