Dukung Tol Laut, Pelindo IV akan Benahi Dermaga Merauke

Dukung Tol Laut, Pelindo IV akan Benahi Dermaga Merauke

Aktivitas di Pelabuhan Merauke

Metro Merauke – Dalam rangka meningkatan pelayanan di pelabuhan Merauke, Papua melalui program tol laut, PT Pelindo IV Merauke akan mengembangkan pelabuhan setempat. Salah satunya, penambahan panjang dermaga hingga mencapai 75×30 meter.

Manager PT Pelindo IV Merauke, Hidayat kepada wartawan menjelaskan, penataan dan pembangunan dermaga perlu dilakukan. Ini untuk mengimbangi adanya peningkatan produktifitas dan sirkulasi barang yang masuk dari luar daerah.

“Sehingga dengan perluasan pelabuhan ini, dapat meningkatkan produktifitas layanan dan menunjang efesiensi di pelabuhan,” katanya, Jumat (21/4).

Pelabuhan Merauke merupakan salah satu sasaran pengembangan program tol laut di wilayah Indonesia Timur. Tujuannya, menekan disparitas harga barang di daerah tersebut.

Menurutnya, pembungunan dermaga akan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat. Penyerta modal negara senilai Rp57 miliar. Pembangunan dermaga pelabuhan akan dikerjakan PT Utama Karya. Perusahaan milik BUMN.

“Materialnya sedang dipersiapkan. Seluruh bahan bangunan didatangkan dari Pulau Jawa,” ujarnya.

Kini material yang sudah tersedia lanjut dia, berupa tiang pancang sebanyak 247 batang. Targetnya, pelabuhan akan selesai dibangun akhir triwulan ketiga tahun ini. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement