Lima Pasien KPS Rujukan RSUD Merauke Mengidap Kanker

Lima Pasien KPS Rujukan RSUD Merauke Mengidap Kanker

Direktur RSUD Merauke, Papua, dr. Navil Muskita

Metro Merauke – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Merauke, Papua, dr. Navil Muskita mengatakan, dari delapan orang pasien pengguna Kartu Papua Sehat (KPS) di Kabupaten Merauke, yang dirujuk ke rumah sakit di Jayapura, lima diantaranya mengidap kanker. Tiga lainnya mengalami gangguan jiwa.

Menurutnya, dari lima pasien penderita tumor itu, satu orang meninggal dunia setelah dirujuk. Ini disebabkan penyakit kankernya sudah parah.

“Kami sementara memproses dua pasien lagi yang akan kami rujuk. Keduanya mengalami penyakit kista,” kata dr. Navil Muskita, Rabu (19/4).

Katanya, tahun ini, kuota pasien rujukan penggguna KPS bisa mencapai 70 orang. Untuk mencegah keterlambatan penanganan dan pengobatan, masyarakat diingatkan segera melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas kesehatan terdekat. Tidak membiarkan tubuh terserang penyakit berbahaya hingga stadium lanjut.

“Keterlambatan dalam penanganan akan menyebabkan kematian pasien yang akan berobat ketika penyakitnya sudah parah,” ujarnya.

Katanya, hal lain yang perlu diperhatikan, bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan. Ini dinilai sangat penting. Termasuk menjaga pola makan yang baik dan sehat.

“Petugas kesehatan hanya bisa membantu semampunya. Namun kesehatan dan keselamatan, kembali kepada masyarakat yang menyadari akan pentingnya kesehatan,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement