Ratusan Mahasiswi Akbid Yaleka Maro Dikirim ke Sulsel

Ratusan Mahasiswi Akbid Yaleka Maro Dikirim ke Sulsel

Direktur Akbid Yaleka Maro, dr. Titus Tambaip

Metro Merauke – Sebanyak 134 mahasiswi Akademi Kebidanan Yaleka Maro, Merauke, Papua diberangkatkan ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Di sana mereka akan mengikuti Praktek Klinik Kebidanan (PKK). Ratusan mahasiswa itu akan berada di Sulsel selama dua bulan.

Direktur Akbid Yaleka Maro, dr. Titus Tambaip kepada Metro Merauke, Selasa (18/4) mengatakan, PKK untuk mahasiswanya di Sulsel merupakan bagian penting. Ini demi mendukung proses pendidikan Akbid sebagai tenaga kesehatan yang terampil dan profesional.

Seratus lebih mahasiswi diberangkatkan dalam dua gelombang. Mereka merupakan anak didik Akbid Yaleka Maro, hasil MoU dengan Pemkab Mappi.

“Dengan melakukan praktek di sejumlah rumah sakit di Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, semakin memantapkan kualitas SDM Papua dibidangnya,” katanya.

Pemkab Mappi sudah bertahun-tahun menjalin kerjasama dengan Akbid Yaleka Maro Merauke, khususnya dalam penyiapan SDM bidang kesehatan.

“Kami berharap setiap pemerintah daerah di Papua serius menangani kemajuan pendidikan. Terlebih ada alokasi dana Otsus untuk pendidikan,” ujarnya.

Nantinya usai menuntaskan pendidikan, mahasiswa Akbid dari Mappi akan kembali ke kabupaten asalnya. Di sana mereka akan mengabdi dan bertugas melayani masyakarat. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement