Selain Menangkap Ikan, KM Mariana akan Angkut Bapok ke Kimaam

Selain Menangkap Ikan, KM Mariana akan Angkut Bapok ke Kimaam

KM. Marina 77 Dalam Proses Pengerjaan

Metro Merauke – Kapal Motor (KM) Mariana 77 dengan tonase 29 GT, milik mantan Bupati Merauke, Papua, Romanus Mbaraka akan difungsikan untuk menangkap ikan dan mengangkut bahan kebutuhan pokok (bapok) ke pedalaman Kimaam.

Romanus Mbaraka kepada Metro Merauke, Rabu (12/4) mengatakan, di wilayah itu sudah ada gudang untuk menampung bapok. Dengan begitu, kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi.

Kapal itu, dibeli dari Chamaruddin, seorang nelayan di Lampu Satu, Kelurahan Samkai, Merauke. Pengerjaan kapal sudah mencapai 90 persen. Kini sedang dipasang beberapa peralatan kapal diantaranya navigasi, palka menyimpan ikan dan lainnya.

“Mesinnya, sudah terpasang. Bulan depan pengerjaan kapal ditargetkan rampung. Kapal akan beroperasi menangkap ikan di perairan Arafura hingga Kimaam,” katanya.

Menurutnya, hasil tangkapan ikan nelayan di kampung-kampung akan dibawa ke tempat penampungkan untuk dijual.

“Kapal itu tidak hanya mencari ikan, tetapi berfungsi ganda. Membawa sembako ke pedalaman. Membantu masyarakat yang mengalami kesulitan,” ujarnya.

Namun sebelum beroperasi, KM Mariana dan delapan awak kapal, termasuk nahkoda, akan dibawa untuk diperkenalkan kepada masyarakat di Pulau Kimaam.

“Tujuannya, ketika ada hambatan di laut, mereka bisa dibantu warga setempat,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement