Potensi Ikan Laut Bian Menjanjikan

Potensi Ikan Laut Bian Menjanjikan

Mama Yakomina Sedang Menjaring Ikan di Laut Bian

Metro Merauke – Selain kopra, salah satu sumber mata pencaharian masyarakat Kampung Domande, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua adalah ikan. Laut Bian yang berada di daerah itu memiliki potensi ikan menjanjikan.

Mama Yakomina, salah satu warga Kampung Domande kepada Metro Merauke, Selasa (11/4) mengatakan, setiap hari ia menghabiskan waktu menjaring ikan. Peralatan yang digunakan masih manual.

“Saya mendapat bantuan jaring dari pemerintah. Saya manfaatkan mencari ikan setiap hari. Pagi hingga sore hari,” katanya.

Menurutnya, sekali tebar jaring, puluhan ekor ikan terperangkap. Jenis ikan di Laut Biak didominasi kakap dan mujair. Mama Yakomina terkadang menebar jaring hingga sebanyak lima kali. Setiap hari, ikan hasil tangkapannya bisa mencapai ratusan ekor. Ikan itu dijual kepada orang yang datang dari Kurik.

“Biasanya, saya jual satu tali (beberapa ekor ikan diikat menggunakan tali) dengan harga Rp12 ribu. Jumlah ikan setiap tali, disesuaikan dengan besarnya ikan,” ujarnya.

Mama Yakomina mengaku, dalam sehari, ia bisa mendapat Rp400 ribu dari hasil jualan ikan tangkapannya. Namun jika ia hanya menjaring etengah hari, pendapatannya berkisar Rp200 ribu.

“Memang Laut Bian sangat menjanjikan. Ikannya berlimpah. Begitu kita buang jaring, beberapa saat kemudian, puluhan ekor ikan terperangkap,” imbuhnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement