Patung Kristus Rampung, BPK Datangi Pulau Habe

Patung Kristus Rampung, BPK Datangi Pulau Habe

Perwakilan BPK di Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Dua orang perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) didampingi Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Merauke, Papua, Yunus Anis dan staf inspektorat ke Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba.

Kedatangan mereka ke pulau itu, untuk memastikan apakah pembangunan patung patung Kristus Raja setinggi 29 meter yang menelan anggaran senilai Rp15 miliar pengerjaannya benar telah selesai.

Patung itu dibangun ketika Romanus Mbaraka masih menjabat Bupati Merauke periode 2011-2015. Namun pengerjaan pembuatan patung baru dapat dirampungkan belum lama ini.

Yunus Anis kepada wartawan di Pulau Habe, Selasa (11/4) mengatakan, pihaknya mengantar dua orang perwakilan BPK, Senin (10/4), untuk melihat secara langsung patung tersebut.

“Memang sudah menjadi tugas dan tanggungjawab BPK melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kegiatan pembangunan tahun sebelumnya. Ada banyak lokasi pembangunan. Namun hanya diambil beberapa sampel, termasuk patung Kristus Raja di Pulau Habe,” ujarnya.

Menurutnya, kedua anggota BPK tersebut mengapresiasi pembangunan Patung Kristus Raja itu. Apalagi, selama ini mereka juga penasaran seperti apa patung itu. Selama ini mereka hanya mendengar lewat media.

“Sehingga ingin lihat langsung patung Kristus Raja di Pulau Habe. Mereka sangat senang dan bangga setelah melihat Patung Kristus Raja yang dibangun di tengah pulau. Belum lagi panorama alam di sekitar yang sangat bagus,” katanya.

Katanya, hasil kunjungan itu akan dilaporkan secara tertulis kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze dan dinas terkait yang menangani pariwisata.

“Tugas dan tanggungjawab kami yakni pembangunan patung sudah selesai. Nanti untuk peresmiannya semua tergantung keputusan Bupati Merauke,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement