Kopra, “Sandaran” Hidup Masyarakat Kampung Domande

Kopra, “Sandaran” Hidup Masyarakat Kampung Domande

Pohon Kelapa di Sepanjang Pantai Kali Bian, Kampung Domande

Metro Merauke – Mata pencaharian utama masyarakat Kampung Domande, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke Papua adalah kopra.

Salah satu warga setempat, Selestinus Gebze mengatakan, dengan menjual kopra, warga bisa memenuhi kebutuhan hidup setiap hari. Termasuk untuk biaya sekolah anak-anak mereka.

“Ada beberapa warga sudah berhasil menyekolahkan anaknya hingga bangku perguruan tinggi. Itu dari hasil kopra yang dijual kepada pengepul,” kata Selestinus kepada Metro Merauke sehari sebelumnya.

Menurutnya, tahun ini harga jual kopra oleh masyarakat kepada pengepul di Kampung Domande senilai Rp6.000 per kilogram. Harga itu lebih mahal dibanding tahun sebelumnya yang hanya berada dikisaran Rp3.000 per kilogram.

“Hanya ada satu pengepul di Kampung Domande yang siap membeli kopra dari warga. Sekarang ini musim hujan. Kelapa yang akan dibuat kopra tidak bisa dijemur. Hanya dengan pengasapan selama kurang lebih tiga hari,” ujarnya.

Katanya, setiap warga bisa menjual kopra kepada pengepul sebanyak empat kali dalam sebulan. Sekali jual, nominal yang mereka terima mencapai Rp1 juta.

“Secara umum, masyarakat di Domande memiliki pohon kelapa. Kami sangat berharap harga kopra bisa mencapai Rp10 ribu per kilogram, karena prosesnya membutuhkan waktu lama,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement