Dikbud Merauke Pastikan UN Susulan untuk Siswa Berhalangan

Dikbud Merauke Pastikan UN Susulan untuk Siswa Berhalangan

Pelaksana Tugas Kepala Dikbud Merauke, Papua, Felix Liem Gebze

Metro Merauke – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Merauke, Papua memastikan akan ada Ujian Nasional (UN) susulan untuk siswa SMA sederajat di kabupaten itu jika tak bisa mengikuti UN yang kini sedang berlangsung lantaran berhalangan.

“Sepanjang alasannya benar dan tidak mengada-ada,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dikbud Merauke, Felix Liem Gebze kepada Metro Merauke, Selasa (11/4).

Menurutnya, sesuai aturan, siswa yang tak bisa mengikuti UN lantaran berhalangan, misalnya karena sakit, dapat mengikuti UN susulan.

“Tentu materi ujian susulan berbeda dengan materi UN yang sedang berlangsung kini,” ujarnya.

Namun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat belum mendapat data berapa banyak siswa di Merauke yang tidak dapat mengikuti UN resmi tahun ini.

“Saya tadi (Selasa, 11/4) memantau ujian di Distrik Tanah Miring. Di sana ada dua siswa yang tidak mengikuti UN, karena sakit dan karena urusan keluarga,” katanya.

Di Merauke, pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK diikuti sebanyak 3.111 siswa. Sebanyak 2.153 siswa SMA dari 27 sekolah dan 958 siswa SMK dari 14 sekolah. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim pelaksanaan ujian di Merauke berjalan lancar. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement