Cegah Abrasi, Pulau Habe Butuh Penghijauan
Humanis

Cegah Abrasi, Pulau Habe Butuh Penghijauan

Patung Kristus Raja di Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Romanus Mbaraka, Mantan Bupati Merauke, Papua, penggagas pembangunan patung Kristus Raja di Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba meminta pemerintah melakukan penghijauan di  pulau tersebut. Hal ini dinilai perlu untuk mencegah abrasi pantai.

Kepada Metro Merauke, Selasa (11/4), Romanus mengatakan, beberapa tahun lalu, pihaknya menanam ratusan pohon di sekitar Pulau Habe. Pohon itu kini sudah tumbuh dengan baik.

“Saya berharap pemerintah merencanakan penghijauan. Penanaman pohon tetap dilakukan sebagaimana biasa,” katanya

Selain itu menurutnya, perlu dibuat taman di sekitar area patung dan fasilitas pendukung lain. Kini sudah ada jalan hingga Domande. Pemerintah tinggal mengatur pembangunan fasilitas lain seperti tempat hunian. Termasuk sarana transportasi di Kali Bian.

“Dengan begitu, orang bisa melakukan wisata rohani ke sana. Namun perlu diketahui, mereka yang akan melakukan wisata rohani di Pulau Habe, tidak diizinkan tinggal. Karena tak ada penginapan dibangun di sana,” ujarnya.

Romanus meminta dinas terkait yang mendampingi BPK ke Pulau Habe memberikan laporan tertulis kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze agar diputuskan kapan dilakukan peresmian patung. (LKF/Arjuna)

Post Comment