Jelang Paskah, Masyarakat Diingatkan Saling Menghargai

Jelang Paskah, Masyarakat Diingatkan Saling Menghargai

Pastor Antonius Fanumbi, MSC

Metro Merauke – Menjelang perayaan Paskah oleh umat Nasrani, Pastor Antonius Fanumbi, MSC mengingatkan warga Kabupaten Merauke, Papua senantiasa saling menghargai antar sesama umat beragama. Baik itu antar sesama penganut kepercayaan tertentu, maupun mereka yang beragama lain.

Ia mengatakan, salah satu hal yang sebisa mungkin dihindari misalnya menggelar lomba yang menantang andrenali atau keberanian, dimasa tenang, masa pertobatan seperti kini dijalani umat Nasrani, khususnya umat Khatolik.

“Umat Khatolik mempersiapkan diri menyambut Hari Raya Paskah. Sebelum merayakannya, harus ada pertobatan dari semua perbuatan, tutur kata dan kelalaian yang menyakiti hati Tuhan dan sesama,” ucapnya, Senin (10/4).

Menurutnya, ,masa pemurnian harus benar-benar dimanfaatkan umat Allah melakukan pembaharuan diri. Ini bisa dilakukan melalui pertobatan dalam tindakan nyata. Umat yang beragama lain harus menghargai dan menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama.

“Ketika orang Kristen sedang menjalani hari raya keagamaannya, yang beragama lain harus menghormati itu. Begitu pula sebaliknya, orang Kristen harus menghargai perayaan keagamaan, masyarakat pemeluk agama lain,” katanya.

“Sama- sama menjaga ketenangan, ketertiban dan keamanan. Dengan begitu, pelaksanaan peringatan hari raya keagamaan berjalan baik. Tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya lagi. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement