Golkar Pilih Jenderal Polisi Sebagai Cagub Papua

Golkar Pilih Jenderal Polisi Sebagai Cagub Papua

Kapolda Papua, Irjen (Pol) Paulus Waterpauw yang akan Disusung Golkar Dalam Bursa Pilgub Papua, 2018

Metro Merauke – Siapa bakal calon yang akan diusung Partai Golongan Karya (Golkar) dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilbug) Papua, 2018 mendatang sudah terjawab.

Partai “Pohon Beringin” menjatuhkan pilihan kepada Paulus Waterpauw. Jenderal bintang dua alias berpangkat Inspektur Jenderal (Pol) itu merupakan putra asli Papua yang kini menjabat Kapolda Papua.

Pelaksana Tugas Ketua DPD Golkar Papua, Yorris Reweyai menyatakan, dipilihnya Waterpauw bukan tanpa proses. Kedua kubu sudah melakukan pembicaraan sejak jauh hari.

“Jadi sudah lama kami bicara dengan beliau. Kami melakukan kajian. Hari ini baru saya umumkan karena baru mulai proses Musda. Kami sudah himbau pengurus untuk siapkan proses ini kedepan,” kaya Yorris di Kota Jayapura usai membuka Musda DPD kabupaten/kota se Papua di Kantor DPD Golkar Papua, Senin (10/4/2017).

Di DPR Papua, Golkar memiliki enam kursi. Dengan jumlah tersebut Golkar perlu berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi kuota 20 persen dukungan parpol atau 12 kursi. Namun kata Yoris hal itu tak jadi masalah.

“Bisa dong. Masak gak bisa. Kami sedang melakukan survei. Kami akan bahas dulu. Kami sedang mencoba membangun koalisi untuk kerjasama dengan partai lain mengusung Paulus Waterpauw,” ujarnya.

Katanya, Golkar akan mengusung Waterpauw sebagai bakal calon tunggal. Tak calon lain dari kubu Golkar. Ini sesuai kesepakatan para pengurus. Golkar tak ingin disodorkan banyak nama.

“Mana mungkin calon banyak-banyak. Ini proses politik. Tinggal menunggu pernyataan dari DPD Golkar kabupaten/kota di Papua untuk dukungan kepada Pak Waterpuw,” katanya.

Nantinya, dalam proses Musda DPD kabupaten/kota, pengurus akan membuat pernyataan politik meminta kepada DPP melalui DPD Papua untuk mengusung Paulus Waterpauw sebagai Cagub Papua.

Kepastian dukungan Golkar kepada Paulus Waterpauw kian meramaikan bursi bakal calon Gubernur Papua. Sebelumnya, sudah ada bakal calon petahana, Lukas Enembe yang akan diusung partai Demokrat dengan modal 16 kursi DPR Papua.

Kemudian ada John Wempi Wetipo (JWW) yang diusung PDI Perjuangan dengan dukungan tujuh kursi DPR Papua, dan Ones Pahabol yang memilih jalur perseorangan.

Bermodalkan 16 kursi DPR Papua, sejauh ini, baru Lukas Enembe yang bisa dikata memenuhi syarat dukungan 20 persen keterwakilan kursi Parpol di parlemen Papua. Kandidat Golkar dan PDI Perjuang butuh koaliasi dengan partai lain untuk memuluskan langkah  “jagoannya”. (Arj/Redaksi)

Advertisement