Kapolda Papua Pimpin Apel Gabungan di Merauke

Kapolda Papua Pimpin Apel Gabungan di Merauke

Suasana Apel Gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di Lapangan Mapolres Merauke, Rabu (5/4)

Metro Merauke – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Inspektur Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw memimpin apel Ggabungan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di Lapangan Mapolres Merauke, Rabu (5/4), ketika yang bersangkutan melakukan kunjungan kerja ke kabupaten itu.

Kapolda Papua mendarat di Bandara Mopah, Kota Rusa (sebutan lain Kota Merauke) sekira pukul 08.50 WIT. Rombongan orang nomor satu dijajaran kepolisian Papua itu disambut tarian adat dan pengalungan bunga. Watepauw dijemput Kapolres Merauke AKBP. Taufik Irpan Awalluddin, Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Danrem 174/Atw, Danlantamal XI, Danlanud dan para Muspida.

Rombongan Kapolda dan pemangku kepentingan setempat kemudian menuju ke Mapolres Merauke untuk menggelar apel gabungan sekira pukul 09.15 WIT.

Dalam arahannya, Waterpauw mengajak peserta apel tetap berjuang menjaga keutuhan NKRI, dalam rangka sinergitas mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Merauke.

“Dampak dari era globalisasi pada masyarakat, menimbulkan berbagai permasalahan. Permasalahan Kamtibmas semakin meluas. Bisa terjadi kapan dan dimana saja,” ucapnya.

Ia menekankan, yang paling mendominasi adalah kejahatan konvensional (street crime), yakni pelaku berasal dari kalangan masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah.

“Mari kita jaga situasi Kamtibmas di daerah ini, guna melanjutkan agenda pembangunan nasional. Pembangunan daerah. Baik jangka panjang maupun jangka pendek,” katanya.

Katanya, upaya yang dapat dilakukan mewujudkan sinergitas antara Polri, TNI dan Pemda dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas yakni perlunya silahturahmi, koordinasi, melakukan pemetaan angka kriminalitas, kaji ulang produk perundangan yang berpotensi menimbulkan konflik kewenangan dalam penyelenggaraan Kamtibmas.

Selain itu, meningkatkan pertemuan rutin. Baik formal maupun non formal. Melaksanakan patroli dan razia gabungan bersama.

“Kiranya kegiatan apel bersama TNI, Polri dan Pemda untuk mewujudkan Kamtibmas di Kabupaten Merauke agar dapat terwujud dengan baik,” imbuhnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement