Kantor SAR Merauke Gelar Pelatihan

Kantor SAR Merauke Gelar Pelatihan

Pembukaan Pelatihan Potensi SAR di Halaman Kantor SAR Merauke, Papua, Selasa (4/4)

Metro Merauke – Kantor SAR Kabupaten Merauke, Papua menggelar pelatihan potensi SAR di wilayah kerja Kantor SAR setempat, Selasa (4/4). Pelatihan dibuka Kepala Kantor SAR Merauke, Hary Adi Purnomo.

Tujuan pelatihan, untuk meningkatkan kecepatan tindak awal operasi SAR terhadap korban musibah penerbangan, pelayaran, bencana dan musibah lainnya.

“Pelatihan ini merupakan bentuk pembelajaran yang dilakukan Kantor SAR terhadap potensi SAR. Ini untuk memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, serta melatih kerjasama dan koordinasi dalam penanganan kecelakaan (high angle rescue),” kata Hary Adi Purnomo ketika memberikan sambutan.

Diharapkan, setelah menyelesaikan program latihan, para peserta akan memiliki pengetahuan dan kesamaan dalam teknik pertolongan.

Mampu mengaplikasikan seluruh teori dan ketrampilan yang didapat selama latihan. Terutama untuk keperluan teknis operasional di lapangan. Misalnya ketika dibutuhkan menangani kecelakaan di medan vertikal dengan baik dan maksimal.

Katanya, Indonesia salah satu negara anggota International Civil Aviation Organization (ICAO) dan International Maritim Organization (IMO). Dari itu, wajib bagi SAR menyampaikan pelayanan jasa SAR untuk sektor transportasi laut dan transportasi udara.

“Oleh karena itu peran potensi SAR sangat penting membangun kerja sama dalam peningkatan pelayanan jasa SAR. Sebagai petugas kemanusiaan yang mempunyai karakter responsif, militan dan santun,” ujarnya kepada 40 peserta pelatihan potensi SAR. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement