Road Race “Maut”, Kapolres Merauke Minta Maaf

Road Race “Maut”, Kapolres Merauke Minta Maaf

Peserta Road Race Kapolres Cup 1 Tahun 2017 yang Digelar di Merauke, Papua

Metro Merauke – Kapolres Merauke, Papua, AKBP. Taufik Irpan Awalluddin meminta maaf kepada keluarga almarhum Ricky Setiadi (24). Pebalap yang meninggal dalam ajang Road Race (balap motor) Kapolres Cup 1 Tahun 2017 di arena balap, Sabtu (1/4).

Korban merupakan pebalap dari Tim BMS Max Kelapa Lima Merauke. Dalam kejuaraan tersebut, korban menggunakan sepeda motor RX King. Ricky meninggal di arena balap akibat bertabrakan dengan pebalap lainnya selepas star. Pebalap yang bertabrakan dengan korban, mengalami luka-luka.

” Ini musibah. Saya minta maaf kepada keluarga. Kecelakaan terjadi ketika para pebalap berusaha saling mendahuli. Terjadi tabrakan. Ada yang menabrak batas jalan dan ada yang terlempar menabrak tiang, pohon. Akibatnya, ada pebalap meninggal dunia dan ada yang luka-luka,” kata Kapolres Taufik, Senin (3/4).

Menurutnya, sebelum pelaksanaan, penyelenggara sudah berkonsultasi dengan pihak Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menentukan apakah road race bisa dilaksankan atau tidak.

Balapan akhirnya digelar setelah mempertimbangkan berbagai hal, baik aspek teknis maupun non teknis. Termasuk lebar jalan yang dijadikan arena, keamanan, batas-batas dan penutup maksimal. Namun musibah dan ajal tidak dapat dihindari.

IMI sudah melakukan prosedur asuransi. Pemberian uang muka, biaya pemakaman dan biaya lainnya kepada keluarga korban. Termasuk pemberian santunan dari panitia dan Kapolres Merauke kepada keluarga korban.

“Kedepan, akan lebih diperhatikan semua aspek untuk menjamin keselamatan peserta balap,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement