Gugatan Ditolak, Paslon Kepala Daerah Mappi Segera Ditetapkan

Gugatan Ditolak, Paslon Kepala Daerah Mappi Segera Ditetapkan

KPU Mappi Bersama Pendamping dari KPU Provinsi Papua Divisi Hukum, Tarwinto

Metro Merauke – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan hasil Pilkada Kabupaten Mappi, Papua yang diajukan salah satu pasangan calon (paslon) kepala daerah setempat, Aminadap Jumame dan Stevanus Yermogoin. Dalam sidang yang berlangsung, Senin (3/4), MK menilai gugatan tersebut tidak memenuhi syarat.

Divisi Teknik KPU Mappi, Sugeng kepada Metro Merauke mengatakan, seluruh permohonan pemohon ditolak MK. Adanya keputusan tersebut, membuat KPUD dapat melanjutkan proses Pilkada Mappi. Menetapkan bupati dan wakil bupati terpilih.

“Penetapan baru dapat dilakukan setelah ada putusan MK kini,” kata Sugeng, Senin (3/4).

Menurutnya, berdasarkan peraturan KPU, jadwal penetapan pasangan calon terpilih dilakukan tiga hari pasca putusan MK. KPUD Mappi menjadwalkan penetapan, Kamis (6/3) di Mappi.

“Usai sidang putusan, KPUD Mappi yang berada di Jakarta akan kembali ke Kepi, ibu kota Mappi untuk segera melakukan penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih,” ujarnya.

Berdasarkan data KPUD Mappi, pasangan Kristosimus Yohanes Agawemu-Jaya Ibnu Su’ud memperoleh suara terbanyak Pilkada Mappi dengan perolehan 19.004 suara (40,82 %). Pasangan ini mengungguli tiga paslon lainnya.

Katanya, setelah merampungkan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, KPUD akan menyerahkan hasil dan dokumen Pilkada ke DPRD Kabupaten Mappi. Nantinya dilanjutkan ke pemkab setempat untuk ditindaklanjuti ke Pemerintah Provinsi Papua, hingga penetapan jadwal dan tempat pelantikan.

“Sampai tahap penyerahan seluruh hasil Pilkada ke DPRD, maka rampunglah seluruh tugas KPUD dalam penyelenggaraan Pilkada. Kami berharap, pelaksanaan penetapan terlaksana tanpa hambatan,” katanya.

Pasca putusan tersebut, kepolisian mengklaim kondisi di Mappi kondusif. Kapolres Mappi, AKBP Wartono mengatakan, tak ada potensi gangguan Kamtibmas di wilayahnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement