Minyak Kayu Putih Khas Sota Laris Manis

Minyak Kayu Putih Khas Sota Laris Manis

Minyak Kayu Putih Sota, Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Salah satu potensi yang sedang dikembangkan  beberapa warga Papua di Distrik Sota, Kabupaten Merauke adalah pembuatan atau penyulingan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih Sota begitu terkenal. Kabarnya memiliki khasiat lebih dibanding minyak katu putih lainnya. Ini membuat minyak kayu putih Sota diminati.

Salah seorang penjual minyak kayu putih Sota di perbatasan RI-Papua Nugini, Vika Wanda kepada Metro Merauke, Sabtu (1/4) mengaku, setiap harinya para pengunjung pasti akan membeli minyak kayu putih untuk dibawa pulang.

“Memang sudah ada tempat penyulingan. Saya selalu membeli untuk dijual kembali. Saya biasa sekali ambil 3-4 liter. Selanjutnya dituangkan ke dalam beberapa botol berukuran sedang dan besar untuk dijual kembali,” ujarnya.

Harga minyak kayu putih berkisar  Rp50 ribu-Rp100 ribu. Setiap hari pasti ada saja pembeli.

“Mereka yang sudah pernah menggunakan minyak kayu putih Sota, pasti akan kembali membeli. Kwalitas tak diragukan lagi,” katanya

Meskipun untung penjualan minyak kayu putih tidak seberapa, kata Wanda ia bisa memanfaatkannya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. (LKF/Arjuna)

Advertisement