Curi Ikan, Kapal Cina Diledakkan di Laut Arafuru

Curi Ikan, Kapal Cina Diledakkan di Laut Arafuru

KM. Sino 18 yang Diledakkan dan Ditenggelamkan di Perairan Arafuru, Merauke, Papua

Metro Meraukel – KM. Sino 18, kapal ikan asal China yang tertangkap mencuri ikan di perairan laut Arafuru, Papua beberapa waktu lalu diledakkan dan ditenggelamkan, Sabtu (1/4).

Kapal diledakkan di tengah laut dengan jarak 18 mil dari dermaga. Peledakkan dan penenggelaman kapal dilakukan Wakil Komandan Lantamal XI Kol Laut (P) Dr.Benny Sukandari bersama Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres, Dandim 1707, Pengadilan Negeri dan KSOP Merauke dan instansi lainnya.

Kol Laut (P) Dr.Benny Sukandari mengatakan, KM. Sino 18 harus ditenggelamkan, karena terbukti melakukan pelanggaran. Menangkap ikan secara ilegal di perairan laut Arafuru.

“Pelanggarannya zona fishing ground tidak sesuai ketentuan. Alat penangkapan tidak sesuai dengan kapal. Penangkapan ikan tanpa izin. Satu surat digunakan lebih dari dua kapal,” ujar Benny usai peledakan.

Penenggelaman kapal menggunakan dinamit berdaya ledak tinggi. Akibatnya, sesaat setelah kapal diledakkan, seluruh isi kapal hancur berkeping-keping kemudian tenggelam.

Selain KM Sino 18, ada empat kapal asing lain yang kini masih menunggu proses hukum. Keempat kapal itu melakukan pelanggaran seperti KM. Sino 18.

Wadanlantamal menyebut, sejumlah kapal yang merupakan barang bukti tindak kejahatan di laut, masih berada di Dermaga Perikanan Merauke.

“Empat kapal itu memiliki pelanggaran yang sama. Masih menunggu penyelesaian proses hukum,” katanya.

Pemusnahan kapal asing pelaku ilegal fishing dilakukan serentak, Sabtu (1/4) pada sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Merauke.

“Tugas aparat telah selesai. Kini tinggal menunggu empat kapal yang masih dalam prooses hukum. Nantinya akan ditenggelamkan juga,” imbuhnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement