Mending Bilang Tidak Bisa Daripada Bohong Sok Bisa Menepati Janji

Mending Bilang Tidak Bisa Daripada Bohong Sok Bisa Menepati Janji

Foto: copyright unsplash.com/@larm

Metro Merauke – Setiap omongan seharusnya ditepati. Setiap perkataan baiknya selalu diikuti. Pun ketika membuat janji, jangan sampai diingkari. Cuma kadang ada saja yang sok bisa membuat janji tapi pada kenyataannya dia nggak yakin bisa menepati janji tersebut.

Kamu mungkin pernah mengalami hal yang seperti ini, Ladies. Ada teman yang awalnya sok yakin dan mantap bisa menepati janji. Bahkan dia menyanggupi bakal memenuhi janji itu apapun yang terjadi. Tapi ternyata dia bohong dan cuma sok bikin janji bisa menepati janji tersebut. Duh, bikin sebel banget kan ya.

Jujur dan Terbuka Jauh Lebih Dihargai
Kalau memang nggak yakin bisa menepati suatu janji, mending benar-benar jujur dan terbuka. Daripada cuma bikin janji palsu yang ujung-ujungnya bikin kecewa. Kita pasti juga akan memaklumi kalau ada alasan yang begitu mendesak dan tak bisa menepati suatu janji. Mengecewakan orang lain apalagi dengan memberi harapan kosong jelas akan sangat melukai.

Foto: copyright jarofquotes.com

Diberi Harapan Palsu Itu Menyesakkan
Ya, ini buat pelajaran kita semua. Memberi harapan palsu jelas tak akan memberi sedikit pun kebaikan. Bahkan orang yang diberi harapan palsu akan merasa terluka. Kalau tak yakin mengenai sesuatu atau sebuah janji, jangan sampai mengada-ada dan berbohong. Karena kepercayaan kalau sudah hilang bakal merusak banyak hal.

Foto: copyright inspiredjoyfulchaos.tumblr.com

Sebuah Janji Itu Bagai Pedang Bermata Dua
Saat kita membuat janji, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Janji tersebut bisa memperbaiki sesuatu tapi juga bisa malah menghancurkan sesuatu. Itulah kenapa kita nggak bisa sembarangan membuat janji. Karena janji bisa seperti pedang bermata dua, bisa mendatangkan kebaikan, bisa juga malah mendatangkan sebuah petaka baru. Kalau tak dibuat dan ditepati dengan baik, salah-salah malah memperburuk situasi.

Foto: copyright jarofquotes.com

Kalau punya teman, sahabat, atau orang terdekat yang suka ingkar janji, baiknya ingatkan mereka. Sampaikan baik-baik keresahan dan rasa tidak nyaman atas perilakunya. Agar hubungan bisa tetap terjalin dengan baik. Kita pun kalau membuat janji sebisa mungkin ditepati, ya Ladies. Kalau memang merasa tak yakin atau ada alasan mendesak yang membuat kita tak sanggup membuat janji, utarakan baik-baik. Tak perlu berbohong yang hanya akan menambah kekecewaan. (vem/nda)

Sumber: vemale.com

Advertisement