Dishub Merauke akan Tertibkan Angkot Kaca Gelap

Dishub Merauke akan Tertibkan Angkot Kaca Gelap

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Yacobus Duwiri

Metro Merauke – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Merauke, Papua tidak hanya akan menertibkan trayek angkutan umum dalam kota (angkot), namun juga akan menertibkan angkot berkaca gelap atau lazimnya disebut kaca riben.

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Yacobus Duwiri, Rabu (29/3) mengatakan, pihaknya meminta pengemudi angkot yang kendaraannya berkaca gelap, melepas riben kaca mobilnya.

“Angkot berkaca riben akan kami tertibkan. Sesuai ketentuan, angkutan umum dilarang menggunakan kaca gelap. Ini untuk menghindari kemungkinan adanya tindak kejahatan di dalam angkutan umum,” katanya.

Menurutnya, larangan penggunaan kaca gelap untuk angkutan umum merupakan aturan transportasi umum. Dalam aturan, tidak hanya angkot, namun seluruh kendaraan yang wajib KIR misalnya angkot, truk, bus dan lainnya tak boleh menggunakan kaca gelap.

“Harus patuh pada aturan yang ada. Kebijakan yang diambil itu merupakan kebijakan baku. Sesuai aturan,” ujarnya.

Kata dia, aturannya, setiap angkot seharusnya tidak menambah aksesoris lain. Ini demi kenyamanan bertransportasi. Terutama penumpang wanita agar tidak merasa khawatir jika mereka pulang malam hari.

“Begitu juga stiker yang menempel di badan angkot. Tidak boleh ditambah selain stiker resmi dari Dishub. Kan kalau transparan bisa kelihatan dari luar. Itu juga merupakan bentuk pengamanan lainnya,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement