Presiden Jokowi Setuju 5% Saham Freeport untuk Papua

Presiden Jokowi Setuju 5% Saham Freeport untuk Papua

Presiden Joko Widodo | Foto: AFP

Metro Merauke – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyepakati tetap melindungi Pemerintah Provinsi Papua dengan memberikan saham PT Freeport Indonesia sebesar lima persen dalam bentuk dividen. Disampaikan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden setuju untuk memberikan lima persen saham yang diberikan oleh Freeport serta dikelola oleh Pemda dan suku di Papua.

“Lima persen, kita tidak mau itu delusi. Jadi kita pikir, dari dividen dibayar lima persen itu. Pasti rakyat dilindungi,” kata Luhut saat coffee morning di Kantor Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat 24 Maret 2017. Meski sebelumnya Pemda Papua meminta jatah lebih besar yakni 20 persen dari total divestasi yang harus dikeluarkan Freeport, menurutnya, lima persen ini sudah cukup besar digunakan untuk pengembangan provinsi tersebut.

Ia menyarankan supaya dana tersebut dikelola untuk mengembangkan sektor pendidikan, pertanian, dan peternakan. “Dari Presiden memang kita kasihkan lima persen kepada Pemda dan suku di sana untuk dikelola. Karena lima persen itu angkanya cukup besar. Tapi kita juga arahkan uang itu supaya digunakan untuk pendidikan, pertanian, perternakan dan sebagainya,” ujar dia.

Pada intinya, tegas mantan Menkopolhukam, pemerintah menginginkan kehadiran Freeport dirasakan oleh masyarakat Papua. “Jadi kita tata lagi lah supaya betul-betul dampak dari kehadiran Freeport itu di Papua bisa dirasakan,” pungkas dia. (MTVN)

Sumber: lampost.com

Advertisement