Pembangunan Patung  Kristus Raja Rampung 99 Persen

Pembangunan Patung Kristus Raja Rampung 99 Persen

Pembangunan patung Kristus Raja setinggi 29 meter di Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Pembangunan patung Kristus Raja setinggi 29 meter di Pulau Habe, Kampung Wambi, Distrik Okaba, Kabupaten Merauke, Papua memasuki tahap penyelesaian. Pengerjaan patung kini rampung 99 persen.

Penggagas patung, Romanus Mbaraka, mantan Bupati Merakue periode sebelumnya mengatakan, ia tak menyangka pengerjaan patung telah rampung 99 persen.

“Tidak  terlalu lama lagi akan rampung dan dapat dimanfaatkan orang berziarah bersama keluarga,” kata Romanus kepada Metro Merauke, Jumat (24/3).

Ia menjelaskan, patung dibuat dari bahan perunggu. Romanus mengaku, mencari sendiri bahan pembuatan patung di beberapa daerah di Pulau Jawa.

“Pada 2014, peletakan batu pertama. Tahun lalu mestinya sudah diselesaikan. Namun ada sedikit kendala, sehingga baru dapat dirampungkan tahun ini,” ujarnya.

Kehadiran Patung Kristus Raja kata dia, akan memberikan warna tersendiri. Lokasi patung terpisah dari pantai. Jaraknya kurang lebih tiga mil. Siapapun yang datang ke Pulau Habe, akan merasakan sesuatu yang berbeda.

Pulau Habe, katanya, memiliki panjang kurang lebih tiga kilometer. Selain patung yang menjadi ikon wisata rohani, ada juga sejumlah keunikan lain, diantarnya pasir putih, karang dan laut berwarna jernih.

“Semua orang tahu Merauke memiliki laut berwarna kabur. Daerah lumpur. Namun, Tuhan memberikan anugerah luar biasa di Pulau Habe,” katanya.

Menurutnya, Pulau Habe merupakan milik masyarakat Marind. Mulai dari Kondo sampai Kimaam. Masyarakat di Kampung Wambi menjaganya, karena jaraknya dekat. Hanya ditempuh selama 15 menit menggunakan speedboat. (LKF/Arjuna)

Advertisement