Distrik Navigasi Merauke akan Membangun Delapan Rambu Suar

Distrik Navigasi Merauke akan Membangun Delapan Rambu Suar

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU), Distrik Navigasi Merauke, Hendrik Noya

Metro Merauke – Distrik Navigasi Kelas IIB Merauke, Papua akan membangun sebanyak delapan rambu suar tahun ini.

Dua rambu suar akan dibangunan di perairan Sungai Degoel dan enam lainnya diantara alur pelayaran pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat dan pelabuhan Sawaerma.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU), Distrik Navigasi Merauke, Hendrik Noya mengatakan, rencana pembangunan rambu suar, kini dalam proses tender. Anggarannya bersumber dari APBN.

“Ini dalam rangka mendukung tol laut di Papua. Fungsinya, memberikan tanda bahaya untuk pelayaran. Akan dibangun di tempat bahaya. Ada bangkai kapal, tanjung dan sesuatu yang dapat menggangu pelayaran,” kata Hendrik Noya, Jumat (24/3).

Jika prosesnya berjalan mulus, ditargetkan pembangunan rambu suar, rampung akhir Agutus tahun ini. Kesadaran masyarakat dalam menjaga fasilitas umum di laut juga semakin meningkat. Tidak ada lagi lampu suar atau peralatannya yang dicuri atau dirusak.

“Demi keselamatan bersama, saya imbau para nahkoda atau ABK, bersama-sama menjaga keutuhan rambu suar. Jika ditemukan ada lampu yang mati, segera laporkan ke kami,” imbuhnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement