Bakal Ada Demo Susulan di Merauke Disertai Laporan ke KPK

Bakal Ada Demo Susulan di Merauke Disertai Laporan ke KPK

Steven Abraham

Metro Merauke – Ketua Tim Koalisi, Steven Abraham yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Merauke, Papua menyatakan akan ada demo susulan di Merauke. Demo itu untuk mempertanyakan aspirasi pendemo beberapa pekan sebelumnya di Gedung DPRD Merauke yang mengkritisi kinerja pimpinan daerah setempat.

“Kalau tidak ada tindak lanjut, akan kami siapkan tim kecil untuk demo. Tujuannya, mempertanyakan tindaklanjut aspirasi masyarakat,” katanya kepada wartawan belum lama ini.

Ketika demo beberapa pekan lalu, demonstran memberikan waktu sepekan kepada DPRD Merauke. Mengusut dugaan pelanggaran penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten itu.

Selain itu, sejumlah dugaan yang ditujukan kepada pejabat daerah rencananya akan dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), agar segera diusut tuntas.

“Surat resminya sementara disiapkan. Secara berjenjang akan kami lanjutkan ke provinsi dan pusat. Ini dugaan. Kami akan mencoba memberikan buktinya,” ujarnya.

Katanya, berbagai upaya termasuk menempuh jalur hukum, terpaksa dilakukan, karena sebagai tim koalisi pengusung pasangan Freddy-Sularso pada Pilkada 2015 lalu, pihaknya merasa memiliki tanggungjawab mengawal jalannya pemerintahan pasangan itu hingga 2021.

“Kami harus berani mengingatkan kepala daerah jika kinerjanya tidak maksimal. Ada janji-janji yang tidak direalisasikan. Itu janji seorang bupati. Ini membuat masyarakat kecewa. Tanggungjawab kami mengingatkan. Setelah unjukrasa, beliau sudah lebih banyak ke kampung. Tapi kami minta laporan dugaan harus diproses,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement