Distrik akan Dilibatkan Awasi Kinerja Guru

Distrik akan Dilibatkan Awasi Kinerja Guru

Ilustrasi Siswa SD di Merauke

Metro Merauke – Kepala Distrik Merauke, Kabupaten Merauke, Papua, Kristian Ndiken mengatakan, pihaknya akan terlibat mengawasi kinerja dan kehadiran guru di sekolah di Distrik Merauke.

Ini lantaran hingga kini masih banyak guru dan kepala sekolah, khususnya sekolah yang jauh dari pusat pemerintahan distrik tidak melaksanakan tugas dengan baik.

“Kami akan cek kinerja guru. Terutama menyangkut daftar hadir. Sesuai tupoksinya, guru harus melaksanakan tugas sebagaimana mestinya,” katanya, Rabu (22/3).

Akan dilakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sekolah-sekolah. Terutama sekolah yang gurunya sering mangkir. Guru dan kepala sekolah malas atau tidak taat aturan, bisa saja gajinya ditahan.

“Seringnya guru tidak melaksanakan tugas, salah satu penyebab siswa siswi tak bisa mendapat haknya. Akibatnya, pengetahuan mereka tidak berkembangan. Masih banyak anak-anak yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung,” ujarnya.

Belum lama ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan, sudah ada dua guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) berhentikan lantaran tidak melaksanakan tugas.

Dinas telah berupaya melakukan berbagai pendekat hingga pemberian sanksi. Namun guru tersebut tetap tidak mau kembali ke tempat tugas. Bukan hanya sementara, namun sudah berbulan-bulan, bahkan tahun. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement