Biras akan Dijadikan Tempat Wisata

Biras akan Dijadikan Tempat Wisata

Plt. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Merauke, Papua, Stanislaus Tokilo

Metro Merauke – Tempat hiburan alam Biras, yang terletak di daerah Wasur, Kabupaten Merauke, Papua akan dikembangkan menjadi tempat wisata umum.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Merauke, Stanislaus Tokilo mengatakan, pada 2018 pengerjaan pengembangan dan penataan lokasi wisata Biras mulai dilakukan.

Rencananya, kolam-kolam di lokasi akan diperluas. Dibentuk seperti pulau-pulau nusantara dari Sabang sampai Merauke. Selain itu akan disiapkan beberapa perahu satu kaki, diukir sesuai seni dan budaya Marind dan Papua. Akan dilengkapi pendukung lainnya agar wisatawan benar-benar menikmati suasana.

“Kalau semuanya sudah jadi, akan dilakukan lomba dayung tradisional saat menjelang momen tertentu. Dengan begitu, semakin menarik minat wisatawan lokal dan wisatawan luar untuk berkunjung ke Biras,” katanya, Rabu (22/3).

Untuk menjaga situasi keamanan dan kenyamanan wisatawan, akan ditempatkan pos dan petugas penjagaan. Selain itu, akan ada petugas kebersihan agar lokasi tetap terawat dengan baik.

“Orang asli Papua yang akan diberdayakan di daerah wisata tersebut. Akan disiapkan sampan untuk digunakan pengunjung mengitari danau buatan yang menyerupai pulau nusantara. Daerah pesisir di Merauke yang mempunyai potensi wisata akan dikembangkan secara bertahap,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement