Pokja PKK Merauke Sosialisasi di Kampung Nasem

Pokja PKK Merauke Sosialisasi di Kampung Nasem

Suasana Pertemuan PKK di Balai Kampung Nasem, Merauke, Papua, Selasa (21/3)

Metro Merauke – Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Merauke, Papua mengunjungi Kampung Nasem, Distrik Naukenjerai, Selasa (21/3). Di kampung itu, tim PKK mensosialisasikan tugas dan fungsi empat Kelompok Kerja (Pokja) PKK.

Wakil Ketua PKK Kabupaten Merauke, Susanti Sularso disela-sela kegiatan mengatakan, Pokja I membidangi penghayatan, pengamalan Pancasila dan gotong royong. Pokja II membidangi pendidikan dan pengembangan kehidupan berkoperasi. Pokja III membidangi pangan, sandang dalam kehidupan rumah tangga. Pokja IV berperan dalam hal kesehatan.

“Kami juga mendatangi SD Inpres Nasem. Memberikan pemahaman wawasan kebangsaan, penghayatan Pancasila, kepada anak-anak. Dengan begitu, mereka lebih memahami makna Pancasila bagi negara kita,” kata Susanti Sularso.

Menurutnya, dalam kesempatan itu, pihaknya mendata dan mengajar siswa yang belum bisa membaca, menulis dan menghitung. Tim PKK Merauke juga memperkenalkan kepada siswa, anggota tubuh dan cara membiasakan diri hidup sehat.

“Bersih mulai dari diri, pakaian, makanan, lingkungan, tempat tinggal dan sekitarnya,” ujarnya.

Kapada masyarakat, Tim PKK  mengajarkan berbagai hal. Misalnya cara menghasilkan pangan yang dibutuhkan keluarga dengan bercocok tanam. Memanfaatkan pekarangan sebagai kebun kampung, untuk membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Mereka yang memiliki lahan bisa menanfatkannya dengan menanam sayuran, umbi-umbian, cabe, tomat dan bumbu-bumbu dapur. Yang tidak punya lahan, diajarkan menggunakan polibag.

“Selain itu, bagaimana membentuk koperasi yang beranggotakan PKK dan masyarakat kampung. Dengan begitu, anggota PKK Kampung Masem dapat mengenal cara simpan pinjam di koperasi,” katanya.

Berbagai kebutuhan krusial yang ditemukan di masyarakat, akan didorong untuk lebih diprioritaskan pemerintah. Jika masyarakat menemui kendala di lapangan, pihaknya akan menyampaikan ke pemerintah untuk ditindaklanjuti.

“Terutama untuk kampung binaan kami, di Kampung Nasem. Program kunjungan seperti ini dijadwalkan dua kali sebulan,” imbuhnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement