Legenda Real Madrid Yang Bisa Menangani Klub di Masa Depan

Legenda Real Madrid Yang Bisa Menangani Klub di Masa Depan

Raul Gonzalez | Foto: © Getty

Metro Merauke – Sudah sering ditemui legenda klub yang menangani mantan klubnya seperti yang dilakukan Zinedine Zidane di Real Madrid. Pria asal Prancis itu bahkan mampu memberikan kesuksesan besar di Santiago Bernabeu.

Zidane mampu membawa Los Blancos meraih trofi Liga Champions setelah lima bulan ditunjuk menjadi arsitek Cristiano Ronaldo dkk. Musim ini Zidane juga masih berpeluang besar mengantarkan Madrid menjuarai gelar La Liga.

Setelah Zidane, siapakah legenda Madrid lainnya yang bisa menangani klub suatu saat nanti? Berikut ini adalah daftarnya. (ts/ada)

Raul Gonzales
Raul Gonzalez merupakan ikon Real Madrid selama bertahun-tahun sebelum kedatangan Cristiano Ronaldo. Sang pangeran Bernabeu pernah meraih kesuksesan besar di klub dengan memenangkan sejumlah gelar bergengsi sebelum melanjutkan karirnya di Jerman.

Setelah memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau, Raul memang belum terlihat menekuni karir dalam dunia kepelatihan. Namun, pria berusia 39 tahun itu punya kharisma dan pengalaman yang luas di dunia sepakbola untuk memimpin Los Blancos di masa mendatang.

Fabio Cannavaro
Fabio Cannavaro dianggap sebagai salah satu defender terbaik di dunia dan pernah bermain untuk Real Madrid. Meski cuma tiga musim di sana, Cannavaro cukup sukses dengan memenangkan dua gelar La Liga.

Juara Piala Dunia 2006 itu kemudian menekuni karir sebagai pelatih setelah memutuskan gantung sepatu. Pria berusia 43 tahun tersebut saat ini menjabat sebagai pelatih Tianjin Quanjian dan berhasil mengantarkan klubnya promosi ke Liga Super Tiongkok pada musim kemarin.

Clarence Seedorf
Clarence Seedorf mempunyai karir yang cukup gemilang sebagai pemain sepakbola. Pria Belanda itu pernah memenangkan satu gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions selama bermain untuk Real Madrid.

Seedorf sendiri sudah punya pengalaman melatih setelah menjadi arsitek AC Milan dan klub Tiongkok Shenzhen FC. Bukan tidak mungkin Seedorf akan kembali ke Santiago Bernabeu dalam kapasitas sebagai pelatih.

Iker Casillas
Iker Casillas merupakan kapten Real Madrid setelah Raul Gonzalez meninggalkan klub. Ia sudah memperkuat Madrid sejak usia remaja dan telah memenangkan berbagai macam gelar selama berada di Santiago Bernabeu.

Casillas sendiri saat ini masih melanjutkan karirnya di Porto. Meskipun begitu, ia punya segudang pengalaman bermain di level tertinggi dan ditangani banyak manajer top dunia sehingga bisa menjadi modal berharga untuk meraih sukses sebagai juru taktik Madrid.

Santiago Solari
Santiago Solari menghabiskan lima musim bersama Real Madrid. Mantan pemain internasional Argentina ini gantung sepatu pada tahun 2011 dan menjadi pelatih tim junior Real Madrid sejak tahun 2013.

Sekarang ini Solari bisa ditemui di pinggir lapangan ketika memimpin tim Real Madrid Castilla. Tim ini dikapteni oleh Enzo Zidane yang tak lain adalah anak dari pelatih tim utama Los Blancos saat ini.

Guti
Guti, lulusan akademi klub, menghabiskan sebagian besar karirnya dengan Real Madrid dengan lebih dari 540 penampilan sebelum mengakhiri karirnya dengan klub Turki Besiktas.

Mengikuti jalan rekan-rekan seangkatannya, Guti kini menangani tim Real Madrid di bawah usia 19 tahun (atau Juvenil “A”). Hal itu merupakan modal yang bagus untuk menjadi pelatih tim senior Madrid di masa depan.

Roberto Carlos
Roberto Carlos bergabung dengan Real Madrid pada tahun 1996 setelah bermain untuk Inter Milan. Mantan pemain timnas Brasil ini kemudian menjadi salah satu pilar penting Los Blancos saat memenangkan tiga trofi Liga Champions.

Carlos sudah sering mengatakan bahwa ia ingin menjadi pelatih Real Madrid suatu saat nanti. Pria berusia 43 tahun tersebut sudah punya pengalaman melatih di Sivasspor, Akhisar Belediyespor dan Delhi Dynamos.

Sumber: bola.net

Advertisement