Boven Digoel Kembangkan Lada

Boven Digoel Kembangkan Lada

Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boven Digoel, Papua berupaya mengembangkan lada atau lazimnya disebut merica.

Wakil Bupati Boven Digoel, Chaerul Anwar mengatakan, kini pemkab setempat berupaya mendorong masyarakatnya menanam lada. Jika budidaya lada dilakukan maksimal, tidak menutup kemungkinan akan menjadi komoditas unggulan di kabupaten itu.

“Kami telah menanam 2.500 bibit lada di area seluas 2 hektar di Asiki. Ke depan, akan terus dikembangkan penanamannya di kampung-kampung. Boven Digoel memiliki potensi besar dan cocok sebagai sentra tanaman lada,” kata Chaerul Anwar, kepada Metro Merauke.

Katanya, kini yang dibutuhkan adalah dorongan pemerintah. Dengan begitu, diharapkan mampu menggairahkan masyarakat menanam lada.

“Masyarakat jangan hanya mengandalkan sawit. Masih banyak potensi lain yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

Menggeluti tanaman lada kata dia, masyarakat berpotensi meningkatkan perekonomian mereka. Dalam proses tanam, lada tidak membutuhkan biaya besar. Tidak butuh waktu lama untuk panen. Yang paling utama, nilai jual lada cukup mahal di pasaran.

“Lada seberat 1 kilogram, harganya Rp200 ribu. Satu pohon lada bisa menghasilkan 5 kilogram buah lada. Makanya kami akan mengembangkan lada secara perlahan. Tujuannya, meningkatkan ekomi masyarakat,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement