Pemkab Mappi Gandeng Akbid Yaleka

Pemkab Mappi Gandeng Akbid Yaleka

Direktur Akbid Yaleka Maro Merauke, dr Titus Tambaip

Metro Merauke – Sejak tiga tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Mappi, Papua bekerjasama dengan Akademi Kebidanan (Akbid) Yaleka Maro Merauke dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pendidikan kebidanan.

Direktur Akbid Yaleka Maro Merauke, dr Titus Tambaip mengatakan, dari kerjasama itu, Akbid Yaleka Maro telah berhasil meluluskan sebanyak 30 mahasiswi dari Mappi angkatan pertama. Semuanya telah terserap di sejumlah tempat layanan kesehatan di daerah itu.

“Kami terbuka untuk setiap daerah yang berminat mengenyam pendidikan di Akademi Kebidanan dibawah asuhan kami. Tahun ini sebanyak 73 mahasiswi Akbid dari Mappi siap mengikuti Praktek Klinik Kebidanan di Makassar, Sulawesi Selatan,” kata Tambaip, kepada Metro Merauke, Senin (20/3).

Bentuk kerjasama yang telah dituangkan dengan MoU itu diseriusi dengan dibukanya tempat perkuliahan Akbid di Mappi. Ketika praktek, mahasiswa di Mappi akan dibawa ke Merauke, maupun tempat praktek lainnya di Makassar.

“Dipilihnya Makassar sebagai tempat praktek dan peningkatan ilmu kebidanan, lantaran rumah sakit di sana (Makassar) memiliki sarana prasarana kesehatan yang memadai. Ditambah tenaga pengajar yang handal,” ujarnya.

Menempatkan mahasiswanya praktek di sejumlah rumah sakit di Makassar ditunjang tenaga pendidik yang mumpuni, diharapkan semakin meningkatkan kualitas anak didiknya agar menjadi handal dan profesional. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement