Kamtibmas, Topik Pembahasan Pertemuan Polmas Merauke

Kamtibmas, Topik Pembahasan Pertemuan Polmas Merauke

Pertemuan Rutin Polmas di Kabupaten Merauke, Papua, Senin (20/3)

Metro Merauke – Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) secara keseluruhan menjadi topik pembahasan dalam Pertemuan rutin ke-17 pilar Polisi Masyarakat (Polmas) di Aula Klasis Papua, Kabupaten Merauke, Senin (20/3).

Kapolres Merauke, AKBP. Taufik Irpan Awaluddin, SH dalam arahannya mengatakan, secara umum situasi Kamtibmas di Kabupaten Merauke, relatif kondusif. Namun yang menonjol adalah kasus pencurian. Baik pencurian kendaraan bermotor, maupun pencurian di rumah warga dan tempat berdagang. Selain itu, masih ada orang mabuk karena pengaruh minuman keras (miras).

“Dampak miras, terjadi penganiayaan, kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kami dari kepolisian selalu berupaya menekan berbagai gangguan yang disebabkan miras. Salah satunya menggelar razia atau patroli rutin setiap waktu. Namun, perlu ada pengendalian dalam bentuk menghilangkan budaya minum,” kata Kapolres Taufik.

Dalam pertemuan yang dihadiri tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat itu, kapolres setempat minta peran aktif semua pihak dalam upaya menekan peredaran miras di wilayahnya masing- masing.

“Masalah lainnya, meningkatnya kecelakaan lalu lintas di tempat sepi. Ini akibat pengendara mengemudikan kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Dalam kondisi itu, kendaraan sulit dikendalikan dan menimbulkan kecelakaan,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Merauke,  Sularso menyampaikan situasi global yang terjadi di Indonesia kini. Katanya, banyak generasi muda terjerumus narkoba, termasuk di Merauke.

Selain itu, munculnya organisasi radikal dengan aliran baru di berbagai tempat harus diwaspadai. Jangan sampai kelompok-kelompok tersebut masuk ke Merauke dan menimbulkan masalah baru.

“Koordinasi dan informasi harus berjalan baik. Ini untuk meningkatkan kenyamanan dan kebersamaan dalam membangun Kabupaten Merauke,” kata Sularso. (Getrudis/Arjuna )

Advertisement