Tokoh Pemuda akan Usut Penggunaan Dana Otsus di Merauke

Tokoh Pemuda akan Usut Penggunaan Dana Otsus di Merauke

Ketua Pemuda Akar Rumput Merauke, Papua, Fransiskus Tito Kapisa

Metro Merauke – Ketua Pemuda Akar Rumput Kabupaten Merauke, Papua, Fransiskus Tito Kapisa menyatakan, tokoh pemuda Merauke sedang menyelidiki aliran dan pemanfaatan dana Otsus di kabupaten itu.

Ini lantaran penggunaan dana Otsus di Merauke dinilai tidak tepat sasaran. Tak sesuai peruntukannya. Ia berharap kerjasama dari generasi Papua, mencari tahu kebenaran pemanfaatan dana Otsus.

“Secara garis besar terlihat salah sasaran. Contohnya, dana itu dipakai untuk membiayai proyek. Tapi, kami hanya dapat ampasnya. Akibatnya, kami lambat maju,” kata Fransiskus Tito Kapisa, Jumat (17/3).

Menurutnya, kini dana Otsus tinggal satu dekade atau 10 tahun. Untuk itu, anak-anak asli Papua perlu mendapat penguatan. Dengan begitu, akan ada keseimbangan.

“Jangan ada pembiaran dan ketimpangan berkepanjangan. Ini bisa menjadi bibit-bibit konflik. Orang Papua di Merauke harus bergandengan tangan membangun Merauke. Terutama memanfaatkan dana otsus,” ujarnya.

Katanya, dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 84, pekerjaan konstruksi, khusus di wilayah pegunungan, proyek senilai Rp1 miliar dan Rp500 juta di wilayah pesisir, tidak perlu melalui tender atau lelang. Namun penunjukan langsung. Ini peluang untuk anak Papua. Sayangnya, tidak semua anak Papua berprofesi sebagai kontraktor.

“Orang Papua kalau diberi kesempatan bisa bertanggungjawab. Kami harap Pemkab Merauke mengsinkronkan semua program agar menyentuh kepada rakyat kecil,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement