Rumah Dinas Tak Layak, Ruang Kelas Dijadikan Hunian Guru

Rumah Dinas Tak Layak, Ruang Kelas Dijadikan Hunian Guru

Kepsek SDN Wetau, Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua, Wilhelmus Rahailyaan

Metro Merauke – Kepala sekolah dan empat orang guru yang mengabdi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wetau, Distrik Waan, Kabupaten Merauke, Papua terpaksa menggunakan ruang kelas sebagai tempat hunian.

Ini lantaran dua rumah dinas yang disediakan dihuni warga sejak beberapa tahun terakhir. Selain itu kondisi bangunan rumah dinas sudah tidak layak huni.

Kepala Sekolah SDN Wetau, Wilhelmus  Rahailyaan kepada Metro Merauke Jumat (17/3) mengatakan, pihaknya tidak mungkin menyuruh warga yang menempati rumah dinas itu keluar dari rumah.

“Selain itu, kondisi bangunan rumah sudah tidak layak. Solusinya, saya dan empat orang guru memanfaatkan dua ruangan belajar sebagai tempat tinggal,” katanya.

Menurut Wilhelmus, meski ia dan empat orang tenaga pengajar mengabdi di kampung itu, namun tidak mungkin “numpang” tinggal di rumah peduduk. Mau tidak mau, ia dan para guru harus memanfaatkan ruang kelas.

“Meski dengan berbagai keterbatasan, namun para guru tidak meninggalkan tempat tugas. Tetap betah menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Mereka tetap setia mendidik anak-anak yang umumnya adalah orang asli Papua,” ujarnya.

Pihaknya sudah menyampaikan kondisi rumah dinas yang rusak kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze dan DPRD Merauke. Namun hingga kini belum ditindaklanjuti. (LKF/Arjuna)

Advertisement